20 Makanan Melayu Riau Yang Lezat Dan Terkenal

Riau merupakan provinsi yang terletak di pulau Sumatera dan menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keunikan Riau sebagai daerah tujuan wisata tidak lepas dari letaknya yang strategis. Lokasinya berbatasan dengan Malaysia dan Singapura dan hanya berbatasan dengan Selat Malaka. Akibatnya, budaya Riau banyak dipengaruhi oleh budaya Melayu, mulai dari dialek hingga seni arsitektur hingga masalah kuliner.

Direkomendasikan untuk mencicipi makanan khas Riau

Dalam hal memasak, setiap orang memiliki preferensinya masing-masing. Namun sebelumnya, Anda bisa mencari informasi tentang makanan yang disukai banyak orang. Bagi yang masih bertanya “Apa favoritmu?” tentang restorannya, rekomendasi makanan khas Riau kami akan membantu.

Jadi, apakah Anda cenderung makan makanan pedas atau manis? Jika Anda sedang berlibur, Anda pasti akan menemukan dua makanan ini.

1. Tonggangguk

Masakan soto di Indonesia menawarkan sop yang enak dengan kuah yang berbeda rasa. Datang ke Riau, itu adalah hidangan sup khas yang dibuat dengan kaldu tunjang, atau tulang kaki sapi. Rasa kuahnya sangat khas dan enak. Bagi mereka yang baru ke Riau, semangkuk sup akan menyegarkan suasana hati mereka setelah perjalanan.

Biasanya ada sisa daging yang sengaja ditempelkan di kaki sapi. Rendam bagian ini dalam campuran bumbu sampai sangat lembut saat dimakan. Anda juga bisa menikmati sumsum tulang yang terdapat pada tulang paha sapi.

2. Ikan Kari Patton

Hidangan kari dan kuah kari kental juga menjadi makanan khas Riau yang populer. Uniknya, masakan gulai pekanbaru ini menggunakan ikan lele berukuran besar sebagai bahan utamanya. Hidangan ini banyak digunakan di restoran dan warung makan di Riau, Kota Pekanbaru. Kari dengan campuran kikumbrang biasanya lebih enak.

Kari lele bisa disantap untuk makan siang atau makan malam. Bahkan nasi panas sudah cukup untuk memuaskan selera Anda. Namun, Anda bisa memesan rebusan daun rami sebagai hidangan pelengkap. Perpaduan rasa dari makanan ini akan membuat santapan lezat bersama keluarga Anda.

3. Goulai Bellacan

Makanan khas Riau juga dikenal dengan ragam karinya. Selain gulai lele, Anda juga bisa menikmati gulai Belkan, kuah udang kental yang dibuat dari santan. Kuah karinya memiliki cita rasa unik yang terbuat dari campuran candelilla, merica, dan asam. Biasanya ada kari pilkan yang terbuat dari udang air tawar dan udang laut. Keduanya merupakan hidangan lezat yang dipadukan dengan saus yang kaya dengan cita rasa yang unik.

4. Cary Sevwick

Masih ada menu gulai, tapi masakan khas riau ini sangat menarik karena dibuat dengan siput (sippoik). Meski terdengar aneh, hidangan kari ini adalah salah satu yang paling populer. Komponen dasar yang digunakan untuk bekicot harus dibersihkan terlebih dahulu. Ini juga diproses dengan baik sehingga Anda dapat merasakan keseimbangan sempurna antara tekstur dan rasa. Meski bahannya sudah tidak asing lagi, tekstur kenyalnya menjadi sensasi tersendiri saat menyantap makanan khas Riau.

5. Epik Saya

Sagu merupakan bahan utama selain nasi dan biasanya menjadi menu masakan yang unik. Jika Anda belum pernah makan sagu, Anda bisa mencoba acar mi sagu yang bentuknya mirip tempura Kuwait. Kandungan gula tepung sagu lebih rendah dari beras. Lebih nikmat lagi jika disantap bersama ikan teri goreng, tauge rebus, dan daun bawang.

6. Shin Kalok

Saat memesan menu khas Riau bisa dilengkapi dengan warna baru. Menu ini diolah dengan udang yang sudah melalui tahap fermentasi. Sangat nikmat disantap dengan di campur dengan nasi putih hangat. Anda biasanya dapat menemukan cincalok sebagai pelengkap sambal.

7. Saya Linder

Namanya mungkin terdengar radikal, tapi makanan khas riau yang dibuat dengan bumbu kacang ini memang enak. Kuahnya kental seperti slime, namun rasa bumbu khasnya menimbulkan rasa penasaran. Perpaduan mie kuning, telur rebus, taoge dan cabai merah membuat masakan ini semakin nikmat, sayang untuk dilewatkan.

8. Laksiqua

Kembali ke jenis masakan yang menggunakan santan, Anda bisa mencoba kaldu Lax. Kuahnya dibuat dari campuran ketumbar, adas manis dan berbagai bumbu lainnya. Meski terlihat mirip dengan mie, bahan dasar mie adalah tepung sagu. Rasanya lebih enak dengan ikan laut segar, tuna, atau ikan teri yang digiling halus.

9. Irisan Asap

Nah, jika Anda sedang mencari makanan khas riau sebagai oleh-oleh, bawalah selai ikan asap. Ikan yang sudah diasap sudah pasti permanen. Anda juga bisa memilih jenis olahan masakan dari masakan pendang atau masakan kari.

Proses pengasapan ikan ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 8 jam. Tak heran jika tekstur ikan ini begitu renyah saat disantap. Jika ingin menyantapnya lebih nikmat, Anda bisa mencampurnya dengan nasi panas dan memakannya.

10. Cuka Ikan

Siapa yang tidak suka ikan goreng? Jenis makanan olahan ini mungkin yang paling aman untuk dinikmati keluarga. Ikan pilihan sebagai bahan utama biasanya ikan tenggiri. Rasa vinaigrette terdiri dari irisan cabai, cabai giling, lada hitam, pala, jahe, lemon dan rempah-rempah.

Anda bahkan mungkin menemukan resep ikan vinaigrette karena hidangan ini adalah makanan khas favorit Riau. Tetap saja, akan lebih baik untuk makan di tempat aslinya, bukan?

11. Doenjang

Kami tidak akan membahas sambal khas Jepang kali ini. Ya, makanan khas riau disebut juga dengan miso. Menu ini tidak hanya bisa Anda temukan di Riau, tapi juga di Medan atau Pekalongan. Situs pedagang miso terkenal miso backhoe. Jika Anda berencana datang untuk makan siang, persiapkan satu jam sebelumnya. Kamu tahu?

Nah, masakan yang bernama sama dengan sup khas Jepang ini terbuat dari campuran mie kuning, suwiran ayam, tahu kering, kulit ayam yang garing dan potongan tulang ayam. Perpaduan tekstur dan bahan dasar ayam menimbulkan rasa penasaran.

12. Sate dan Sup Daging Sapi

Jika Anda biasa makan sate ayam, kambing, atau sapi, kali ini Anda harus mencoba daging rusa yang diolah dengan sate atau sup. Hidangan ini sering menjadi hidangan utama yang disajikan di restoran atau warung makan. Tekstur sate daging rusanya asli dengan rasa manis dari rempah-rempahnya.

13. Air Mata Pengantin Es

Sekarang saatnya beralih ke makanan khas Riau yang rasanya manis. Saat cuaca panas di siang hari, yang terbaik adalah mencari yang manis-manis. Nah, Anda harus mencoba Eye Tears untuk pengantin. Perpaduan sirup, melon, biji selasih, dan es batu membuat Anda tetap segar meski dalam cuaca panas.

14. L├╝beck Buggy

Nah, kue basah sebenarnya adalah jajanan tradisional khas di Indonesia. Anda juga bisa mencicipi ropec boogie, makanan khas Riau. Bahan dasarnya adalah beras ketan, yang bisa Anda temukan di banyak toko makanan. Lopek bugi patut dicicipi dan dihidangkan untuk keluarga di rumah.

15. Kue Ashida

Masih ada makanan khas Riau yang manis untuk dicoba. Kue manis ini dibuat dengan campuran kayu manis, cengkeh dan daun pandan. Anda akan merasakan aroma kue yang unik ini bersama dengan rasa rempah yang kuat. Uniknya, kue Asidah ini berbentuk indah berbentuk bunga, daun atau bunga mawar.

16. Laksamana Es Rampage

Nama masakan ini juga unik. Namun, rasanya juga dipengaruhi oleh bahan utamanya, yaitu buah quinoa. Nama unik ini diberikan karena sang laksamana sangat marah dan menghunus pedangnya untuk menjatuhkan buah kina dari zaman dahulu. Selanjutnya, buahnya digunakan untuk membuat hidangan otentik dengan mencampur santan, gula dan es batu.

17. Mie Tarimba

Mie kuning dengan telur, udang, dan taoge yang dibumbui dengan bubuk cabai merah dan kecap sangat enak. Mi Tarimba adalah salah satu dari sekian banyak masakan khas Riau. Mie Tarimpa biasanya disajikan dengan olesan atau digoreng. Jika Anda sangat menyukai pasta, Anda harus mencobanya.

18. Nasi Limak

Nasi Lemak adalah makanan khas di banyak daerah. Makanan khas Malaysia ini juga termasuk dalam makanan tradisional Riau. Nasi Lemak sangat nyaman untuk diambil di pagi hari. Mirip dengan Nasi Udok, Nasi Lemak adalah campuran santan dan daun pandan untuk menciptakan rasa yang unik. Lauk nasi lemak terdiri dari telur, sambal, irisan mentimun, ikan goreng, daging, tempe, sayur kacang panjang dan masih banyak menu lainnya.

19. Assam Vidas Ikan Paung

Makanan khas Riau selalu terkenal dengan olahan ikannya. Penggemar ikan segar dan asam harus mencoba Asam Pedas Ikan Baung. Makanan ini diolah dengan kuah merah yang dimasak dengan bumbu yang berbeda. Rasanya gurih dan asam, cocok disantap dengan nasi hangat.

20. Roti Gala

Anda bisa mencoba Gala Roti sebagai camilan dari sore hingga makan malam. Roti ini biasanya hanya disajikan pada acara-acara tertentu. Namun kini bisa ditemukan di setiap sudut Riau. Roti Gala disajikan dengan kuah kari daging sapi, ayam atau domba. Jika Anda menyukai sesuatu yang manis, roti hallo dengan saus chutney manis atau durian juga tersedia.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *